#HidungFika – Desember 2016

Kumpulan tulisan fiksi #HidungFika tentang ulasan berita terkini di bulan Desember 2016. Enduslah tulisan ini dengan akal dan humor yang sehat.


“Payung Biru”

Komentar kejadian terkini minggu lalu (5 Desember 2016):

  1. Brigjen Teddy Hernayadi dinyatakan terbuki bersalah dan dijatuhkan vonis seumur hidup oleh Pengadilan Militer Tinggi II atas kasus korupsi di Kementerian Pertahanan. Brigjen Teddy terbukti merugikan negara sebesar USD 12 juta atas penyelewengan dana pembelian pesawat tempur F-16 dan helikopter Apache sejak 2010-2014. Sebagai alternatif alutsista, dikabarkan mulai tahun depan Kementerian Pertahanan menjalin kerjasama dengan negara-negara di Timur Tengah untuk pelatihan pilot permadani terbang.
  2. Forbes telah mengeluarkan daftar nama 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2016. Lima orang terkaya di Indonesia adalah Budi & Michael Hartono (BCA), Susilo Wonowidjojo (Gudang Garam), Anthoni Salim (Salim Group), Eka Tjipta Widjaja (Golden Agri-Resources), dan Sri Prakash Lohia (Indorama). Meskipun sudah ada program Tax Amnesty, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyayangkan bahwa Mukidi juga belum masuk ke dalam daftar Forbes tersebut.
  3. Setelah sukses menyelenggarakan aksi #SuperDamai212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI yang dimotori oleh Front Pembela Islam (FPI) dikabarkan akan menjadi promotor dan organizer Jakarta Marathon 2017. Ditanya alasannya, perwakilan Kementerian Pariwisata menyatakan, “Ya, karena kami ingin menarik jumlah massa yang besar dan sterilisasi jalan Jakarta yang efektif secara bersamaan”. Ditambahnya, “Alhamdulillah, Bayclin juga sudah sepakat untuk menjadi sponsor utama di tahun depan”.
  4. Revisi UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) mulai berlaku semenjak 28 November 2016. Salah satu pokok dalam revisi UU ITE adalah pemberlakuan prinsip “right to be forgotten” yakni seseorang boleh mengajukan penghapusan konten atau informasi tidak benar tentang dirinya yang dipublikasikan di masa lalu. Dikabarkan oleh pengamat digital Keenan Pearce, inilah penyebab mengapa film “Terjebak Nostalgia” yang dibintangi Raisa ditunda rilisnya sampai Desember ini.
  5. Desy Ratnasari (muncul kembali dalam headline #HidungFika) dikabarkan telah dikontak oleh perusahaan rekaman Cikeas untuk recycle lagu, “Payung Biru”.

“Olahraga Jantung”

Komentar kejadian terkini minggu lalu (12 Desember 2016)

  1. Setelah Operasi Tangkap Tangan (OTT) Walikota Cimahi dan suaminya yang juga bekas Walikota Cimahi (2002-2012) atas dugaan penerimaan suap, KPK mengingatkan agar lebih berhati-hati dalam memilih calon kepala daerah dari dinasti politik. Melihat fenomena ini, dikabarkan Badan Ekonomi Kreatif sedang negosiasi dengan Fox Broadcasting Company untuk memulai Spin-off dari serial TV “Empire” di Indonesia.
  2. Polisi menemukan bukti transfer pendanaan makar setelah penangkapan 10 orang pada Jumat dini hari sebelum #AksiDamai212 berjalan. Dikabarkan oleh pengamat intelejen, dana Rp. 300 juta yang diduga diterima oleh Rachmawati Soekarnoputri ternyata adalah dana mahar (bukan makar) untuk down payment suatu pernikahan. Seorang wedding organizer mengamati, “Sis, harga segitu di Jakarta sekarang cuman cukup buat katering Sari Roti sama Equil”.
  3. Ormas yang menamakan dirinya Pembela Ahlus Sunnah membubarkan acara Kebaktian Kebangunan Rohani yang tengah berlangsung di Gedung Sabuga ITB, Bandung (6/12/2016), dengan alasan kebaktian harus digelar di gedung gereja, bukan gedung umum. Dikabarkan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta sedang mempelajari proposal untuk pengalihan biaya pemeliharaan lapangan Monas sebagai perpanjangan kompleks Masjid Istiqlal.
  4. Presiden terpilih AS Donald Trump menerima telepon dari Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan mencuitkan hal tersebut di akun Twitter-nya. Hal ini membuat geram Tiongkok karena selama 4 dekade, AS tidak pernah melanggar protokol komunikasi langsung dengan Presiden Taiwan demi menghargai kebijakan “One China Policy”. Dikabarkan Vanness Wu akan diberikan medali kehormatan oleh Taiwan atas keberhasilannya dalam menjalankan diplomasi “Meteor Garden”.
  5. Selanjutnya ke berita olahraga — Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016 setelah menyingkirkan Vietnam dengan skor agregat 4-3, meskipun Vietnam menguasai permainan dengan penguasaan bola 74 persen. Fu Ming, wasit dari laga terakhir tersebut dikabarkan akan direkrut oleh RS Harapan Kita sebagai pelatih terapis jantung.

“Ginkgo Biloba”

Komentar kejadian terkini minggu lalu (19 Desember 2016)

  1. Polri berhasil menggagalkan upaya pengeboman Istana Negara yang akan menggunakan bom panci berisikan Triacetone Triperoxide (TATP) yang dapat meledakkan segala hal dalam radius 300 m. Tiga tersangka teroris telah dibekuk di Bekasi dan salah satunya adalah Dian Yulia Novi, perempuan mantan TKI di Oman yang akan dijadikan “pengantin” atau pelaku bom bunuh diri yang terdoktrin ISIS. Tim Redaksi #HidungFika tidak ingin berkomentar mengenai kejadian ini karena khawatir dipanggil Bareskrim apabila ini dibilang pengalihan isu Ahok sebagaimana dialami Eko Patrio yang dikutip tanpa persetujuan oleh 7 media online.
  2. Untuk isu Ahok sendiri — banyak Netizen yang opininya terpecah mengenai sidang perdana kasus penistaan agama oleh Gubernur Non Aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Netizen menyesali bahwa perdebatan lebih disorot kepada air mata Ahok di persidangan dan bukan substansi perkara. Namun dikabarkan lebih banyak Netizen yang menyesal dan berderai air mata setelah menyadari realitanya tidak akan ada abang ojek yang seganteng Hamish Daud Wyllie.
  3. Pegawai MA, Dora (nama sebenarnya) menjadi perhatian setelah videonya memukul, mencakar, dan menarik baju Polantas Aiptu Sutisna viral di sosial media. Dikabarkan sejumlah pengamat transportasi menyatakan akhirnya kampanye menggolkan proyek tilang elektronik, “Berhasil! Berhasil! Berhasil! Hore!”.
  4. Dikabarkan setelah laga final sepakbola AFF 2016 antara Indonesia melawan Thailand, sejumlah musisi Indonesia mengakui Timnas adalah sumber inspirasi lagu-lagu patah hati. Ini dikarenakan alur ceritanya yang konsisten, “ketika aku mencintaimu setengah mati, selalu saja menjadi yang kedua”.
  5. Kemudian untuk berita luar negeri — pasukan pro-rezim Presiden Bashar al-Assad di Suriah kembali menyerang Aleppo timur, kawasan dimana pasukan pro-pemberontak masih bertahan. Selain menggalang dana untuk bantuan kemanusiaan di Aleppo, dikabarkan sejumlah aktivis juga menggalang pengedaran Ginkgo Biloba di markas PBB untuk mengingatkan mengenai apa yang terjadi di Bosnia dan Rwanda.

“Om, Telat Om”

Komentar kejadian terkini minggu lalu (26 Desember 2016):

  1. Tim redaksi #HidungFika turut berduka cita atas jatuhnya pesawat Hercules C130 HA-1334 milik TNI AU di Wamena, yang menewaskan 12 awak dan 1 penumpang. Ini menambah daftar kecelakaan udara di tahun 2016, yakni Skytruck M28 P-4201 milik Polri (jatuh di Pangkalpinang), Helikopter Bell 412 EP HA-5166 milik TNI AD (jatuh di Malinau), Helikopter Bell 205 HA-5073 milik TNI AU (jatuh di Yogyakarta), Helikopter Bell 412 EP HA-5171 milik TNI AD (jatuh di Poso), dan Pesawat Super Tucano TNI AU (jatuh di Malang). Kami mendoakan agar sayap malaikat merupakan alat penerbangan yang lebih diandalkan daripada sistem alutsista Indonesia.
  2. Dikabarkan grup musik asal Skotlandia, Franz Ferdinand, akan mengganti namanya menjadi Andrei Karlov. Hal ini dikabarkan setelah kejadian Dubes Rusia untuk Turki tewas ditembak oleh seorang Polisi Turki di sebuah galeri seni di Ankara, beberapa hari sebelum pertemuan antar Menlu Turki, Rusia, dan Iran untuk membahas proses perdamaian di Suriah.
  3. Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup dikabarkan sedang melakukan investigasi terhadap kasus deforestasi tinggi hutan cemara secara mendadak milik Perum Perhutani. Menurut sumber kurang terpercaya, dikabarkan ini akibat dari sweeping dan pemaknaan berlebihan terhadap fatwa MUI yang melarang penggunaan atribut Natal.
  4. Bank Indonesia mengeluarkan mata uang Rupiah dengan desain dan warna baru. Dengan adanya kontroversi seputar pemilihan pahlawan yang ditampilkan di mata uang baru, tidak berjilbabnya Cut Meutia, logo BI yang mirip palu arit, dan indikasi kemiripan dengan Yuan, maka pengamat ekonom aliran klasik mengusulkan agar Indonesia kembali ke sistem barter. “Ya, baiknya kembali ke masa dimana rempah-rempah ditukar dengan kemerdekaan kita”, ujarnya.
  5. Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dikabarkan telah meluncurkan kampanye kesehatan reproduksi bertepatan dengan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2016. Dikabarkan tagline baru mereka adalah, “Om, Telat Om”.

Sekian recap berita bulan lalu dari #HidungFika; enduslah tulisan ini dengan akal dan humor yang sehat.

Advertisements